Ayu An Putri Salim

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

   Aug 26

Kampusku, UMM

Universitas Muhammadiyah Malang adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di kota Malang. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini awalnya merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dikarenakan pertumbuhannya yang cepat, akhirnya Universitas Muhammadiyah Malang berdiri sendiri pada tanggal 1 Juli 1968. Universitas Muhammadiyah Malang sering disebut kampus putih karena warna gedungnya disominasi dengan warna putih. Saat ini Universitas Muhammadiyah Malang adalah perguruan tinggi swasta yang sudah berakreditasi A.

Pada saat itu, Universitas Muhammadiyah Malang hanya memiliki 3 fakultas saja yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Agama. Seiring berjalannya waktu, Universitas Muhammadiyah Malang mulai menambah fakultas-fakultas baru dimulai dari Fakultas Ilmu Sosial dengan Jurusan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Peternakan, dan seterusnya. Sampai sekarang Universitas Muhammadiyah Malang memiliki 12 fakultas dengan 52 program studi.

Universitas Muhammadiyah Malang juga perlahan-perlahan memperbaiki fasilitas akademik dan sarana fisik. Sampai saat ini, Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai 3 kampus yaitu Kampus I yang khusus untuk program pasca sarjana bertempat di Jl. Bandung No. 1 Malang, selanjutnya Kampus II khusus untuk fakultas yang berhubungan dengan kesehatan berada di Jl. Bendungan Sutami 188A Malang, dan yang terakhir Kampus III yang menjadi pusat seluruh aktivitas berlokasi di Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang. Selain fasilitas akademik dan sarana fisik, Universitas Muhammadiyah Malang pun telah meningkatan kuantitas dan kualitas tenaga akademik seperti merekrut dosen-dosen muda yang berasal dari perguruan tinggi terkemuka di Pulau Jawa, meningkatkan kualitas para dosen dengan mengirim mereka untuk studi lanjut (S2 dan S3) di luar negeri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *